Cara Share Koneksi Internet Modem GSM/3G

3 komentar
Pada kesempatan ini ical akan memberikan sedikit tips bagaimana cara share koneksi internet, bagi yang menggunakan modem untuk koneksi seperti modem 3G menggunakan kartu im2 , telkomsel flash, atau yang lain, pada intinya disini yang akan dijelaskan adalah membuat seolah-olah komputer kita menjadi server buat yang lain, seperti halnya di kos ical, semua teman-teman kos yang punya laptop bisa merasakan juga koneksi internet.

Oke langsung saja, ada 2 metode yang bisa digunakan untuk share koneksi internet:

1. Jaringan Kabel (LAN)
- Peer To Peer (2 Komputer)
- Jaringan Lengkap (warnet) menggunakan HUB ( Lebih dari 2 Komputer)

2. Jaringan Wireless
- Ad-Hoc (lebih dari 2 komputer)

Yang ical sudah praktekin adalah jaringan peer to peer (LAN) dan jaringan Ad-Hoc(wirelass) , kecepatan juga lumayan cepet (sinyal 3G),

Cara setting
1. Jaringan Peer To Peer menggunakan Kabel (LAN)

Pengaturan pada server (komputer yang tehubung ke internet secara langsung)
a. Gunakan Kabel jaringan yang Cross
b. Klik kanan koneksi internet gratisan ,pilih properties lalu klik tab Advanced, terus ceklist Allow othet network... , pada home network connection pilih Local Area Network, terus klik Ok.
c. selanjutnya pengaturan ip pada local area network, klik kanan local area network, pilih properties, lalu pada this connection use the following item, scroll ke bawah sampai dapat internet protocol(tcp ip), lalu klik itu terus klik properties.
pilih manual konfigurasi, masukkan
ip address : 192.168.1.1
subnet mask : 255.255.255.0
default gateway = kosongkan saja
Lalu klik Ok.

Pengaturan pada komputer Lainnya (client)
Pada komputer ini yang perlu disetting hanya Local Area Networknya, yaitu pada bagian ip addressnya, langkahnya sama seperti diatas, hanya saja ip yang dimasukkan beda: sebagai contoh ip pada server, maka ip pada client harus di set seperti ini:
ip address: 192.168.1.2
subnet mask: 255.255.255.0
default gateway: 192.168.1.1 (mengikut ke alamat ip server)
Lalu klik ok.
* digit terakhir dari aip address '2' bisa saja diganti asalah beda dengan komputer lain.

Terakhir sambung kedua PC dengan menggunakan kabel cross.
Setelah koneksi berhasil, buka browser pada komputer client, lalu atur ip ke alamat ip sakti seperti yang telah dijelaskan.

2. Jaringan Wireless (ADHOC).
Cara setting sama saja seperti LAN, hanya yang dibutuhkan disini hanya jaringan adhoc, yang harus dibuat manual, kelebihan dari jaringan ad-hoc adalah bisa menghubungkan beberapa komputer yang jelasnya bisa lebih dari dua komputer, yang ical sudah praktekin sampai 3 komputer kecepatan koneksi masih stabil, jaringan ini layaknya sebagai jaringan hotspot seperti di warkop, seperti yang lagi ngeTrend sekarang ini. Untuk pembuatan jaringan ad-hoc , silahkan search aja di google, ical dah capek nih nulisnya. Di lain kesempatan lagi yah ical ngebahas AD-HOC...

Related Posts

3 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter