Dunia Hewan : Angsa, Formasi Terbang "V"

Posting Komentar
Dunia Hewan : Angsa, Formasi Terbang "V"
Angsa merupakan salah satu binatang air yang bisa terbang. Ada yang menarik jika kita mencermati cara terbang burung angsa. Burung ini selalu tebang berkelompok dengan membentuk formasi seperti huruf “V”. Formasi ini telah digunakan burung angsa selama ribuan tahun ketika mereka terbang berombongan ke tempat yang jauh.

Formas huruf “V” terbukti cukup efektif dalam menghemat tenaga dan dapat menempuh jarak yang lebih jauh. Kepakan sayap burung yang paling depan bisa menembus dinding udara, sehingga memudahkan burung yang terbang di belakangnya. Akibatnya, burung-burung lain yang terbang di belakangnya akan menjadi ringan bebannya saat menembus angin. Ketika menggunakan formasi tersebut, seluruh kawanan angsa bisa menempuh jarak terbang hingga 71% lebih jauh daripada burung yang terbang sendirian.

Selain itu, ada kerja tim di balik formasi huruf “V” ini. Ketika angsa pemimpin yang terbang terdepan kelelahan, angsa lain akan menggantikan posisinya saat ia mengurangi kecepatan, sekaligus mengambil posisi di belakang. Mereka pun akan bergantian mengisi posisi depan, sehingga tidak ada burung yang kelelahan.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa ada sistem support atau pemberian semangat yang telah dikenal angsa jauh sebelum manusia. Saat terbang dalam formasi “V”, mereka bersuara riuh-rendah untuk memberikan semangat kepda angsa yang terbang paling depan agar tetap semangat dan kecepatan tetap stabil. Insting solidaritas angsa juga luar biasa. Hal ini terlihat ketika ada angsa yang sakit, mengalami kelelahan atau bahkan jatuh tertembak pemburu, maka dua angsa lain akan mengawal angsa yang tidak dapat melanjutkan formasi”V”. Kedua angsa tersebut akan terus menemani angsa yang jatuh sampai mati, atau sampai tidak bisa terbang lagi. Formasi “V” kemudian menjadi favorit pasukan udara ketika melakukan manuver dengan pesawat tempur atau saat membentuk formasi pertahanan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter