Dunia Hewan : Beruang Kutub, Pemburu Tangguh di Gurun Es

Posting Komentar
Dunia Hewan : Beruang Kutub, Pemburu Tangguh di Gurun Es
Beruang kutub merupakan hewan berkaki empat yang paling tangguh di area dingin. Habitat mereka ada di kawasan terdingin di dunia, seperti Kutub Utara, Kanada Utara, dan Siberia Utara. Kaki beruang kutub tidak pernah kedinginan karena bulu mereka sangat tebal. Selain itu, lapisan lemak setebal 10 cm di bawah kulit mereka juga berfungsi sebagai penahan panas. Itulah sebabnya, pada air sedingin es, mereka tetap mampu berenang hingga sejauh 2.000 km dengan kecepatan 20-22 km-jam. Padahal tubuh beruang kutub bisa mencapai 800 kg dan tinggi 2,5 meter.

Ketika berenang, beruang menggunkan kaki depan yang berfungsi sebagai dayung. Di dalam air mereka dapat menutup lubang hidung dan tetap membuka mata. Kaki beruang kutub yang berselaput seperi bebek menjadikan mereka sebagai perenang yang handal.

Bulu-bulu beruang kutu berwarna putih atau corak kecokelatan. Indra pemciumannya sangat tajam sehingga bisa mengetahui adanya bau anjing laut (salah satu makanan mereka) yang bersembunyi di bawah lapisan salju setebal 1,5 meter. Hewan ini mmempunyai hidung berwarna hitam. Di atas salju yang berwarna putih, hidung ini sering membuat penyamaran mereka tidak sempurna. Sehingga beruang kutub sering menutup hidung dan kaki depannya yang putih, sehingga peyamaran mereka menjadi sempurna dan siap menunggu mangsa yang mendekat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter