cannot find install-sh, install.sh, or shtool in cfgaux "."/cfgaux

Posting Komentar
Judul postingan diatas merupakan pesan kesalahan saat meng-compile di ubuntu server. Dalam kasus yang ical temui/praktekkan adalah saat mengkompile squid3 lusca dan muncul pesan eror " cannot find install-sh, install.sh, or shtool in cfgaux "."/cfgaux" , ada 2 kemungkinan mengapa pesan eror ini muncul yang berakibat paket yang sudah siap di compile menjadi gagal (dalam bahasa windowsnya adalah terjadi eror saat menginstall program sehingga program tidak akan bisa digunakan).

Penyebab pertama apabila terjadi eror dengan pesan eror " cannot find install-sh, install.sh, or shtool in cfgaux "."/cfgaux" adalah Paket-paket pendukung untuk proses compile belum di instaal di ubuntu server anda. Paket tersebut adalah libtool, shtool dan autogen, untuk menginstallnya bisa langsung mengtik perintah

apt-get install libtool
apt-get install shtool
apt-get install autogen
 

Jika setelah menginstall paket tersebut diatas, ternyata pesan eror muncul kembali, artinya ada penyebab lain yang mengakibatkan proses compile gagal.

Penyebab itu adalah ada kemungkinan saat mengunduh file gz dalam hal ini master programnya, sehingga isi dari file zip tidak terdownload sempurna, sehingga ada file yang tidak sukses di ektrak, solusinya silahkan download ulang terlebih dahulu, setelah itu extrak dan compile ulang. Semoga berhasil.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter