Letak Dan Cara Mengganti Baterai Cmos Pada Laptop

13 komentar
Salah satu masalah yang mungkin laptop anda akan alami adalah habisnya tegangan (soak) pada baterai cmos yang terletak pada motherboard laptop. Berdasarkan pengalaman yang ical dapatkan, baterai cmos mempunyai pengaruh terhadap daya kerja motherboard, yang bisa saja mengakibatkan laptop sering hang (ke-Restart sendiri).

Salah satu tanda yang paling mudah untuk mengetahui baterai cmos sudah tidak berfungsi adalah tanggal dan waktu yang sudah tidak sesuai lagi, dimana kita diharuskan men-set ulang setiap menghidupkan laptop.

Baterai cmos laptop tidak jauh beda dengan PC desktop (Personal Computer), yang membedakan hanya diameternya yaitu lebih kecil baterai cmos pada laptop.

Baterai cmos di laptop pada umumnya terbungkus oleh plastik warna hitam, dimana kedua kutub positif dan negatif , dihubung oleh kabel ujungnya besi, yang ditanam permanen di baterai cmos bawaan laptop. Berdasarkan pengalaman ical, karena baru saja ical mengganti baterai cmos pada laptop Axioo, letaknya tidak jauh dari RAM (memori laptop).

Sebelumnya kamu harus siapkan baterai cmos tipenya mungkin sama semua laptop, mungkin juga beda. Kalau laptop axioo MNC tipenya CR 2032 3V 98. Silahkan cari saja di toko elektronik, harganya berkisar Rp.3000 per biji.

Untuk mengganti, kamu tinggal buka pembungkus, kemudian lepas kawat dari kedua kutub baterai, usahan kawat yang tersisa masih panjang, agar bisa dipasangkan lagi dengan baterai yang baru nanti, kalau sudah terpasang, kamu tinggal bungkus lagi dengan solatip, bungkusnya yang rapi. Sekarang lihat hasilnya, baterai kembali bekerja, jam dan tanggal kembali berjalan normal. Sesuai pengalaman, baterai cmos laptop yang default itu bisa bertahan selama dua tahun. Jadi saran ical sering-sering saja perhatikan jam dan tanggal laptop kamu, kalau jam sudah tidak sesuai, maka harus kamu ganti baterai cmos-nya, agar performa laptop tetap stabil. Keep protect your laptop before die.

Related Posts

13 komentar

  1. trims bro.. tips-nya sangat berguna.
    kebetulan tadi mo ganti batre laptop axioo, dah liat ada bungkus hitam dekat Ram, cuma masih ragu, setelah baca ini, jadi yakin deh, hehehe..

    BalasHapus
  2. Kalo Merk netbook Advan letaknya dimana bro?
    Brarti kita harus lepas dulu baterai CMOSnya untuk dibawa ke toko?

    BalasHapus
  3. laptop ane axioo M72SR, batere CMOS apa juga dekat RAM ?
    Mau ganti soalnya tanggal berubah terus...

    BalasHapus
  4. iya bro, coba di cek aja dulu,,, klo udah nemu yg dibungkus plastik hitam dan bundar pasti itu cmos battery nya

    BalasHapus
  5. kalau selalu masuk bios ,, apa rusak nya,, kalau ane boleh tau

    BalasHapus
  6. kalo selalu masuk bios, sy pastikan tombol keyboardnya ada yang korslet, coba lepas dulu kabel optik keybord dan nyalakan lepinya, kalo udah gak masuk bios, artinya sudah positif keyboard yg rusak, solusinya keybord dibersihkan terlebih dahulu pasang, kalo masih juga begitu agan ganti aja yg baru,, atau kalo mau pake keyboard usb buat PC desktop juga bisa....

    BalasHapus
  7. gan klo forsa m1012 ,pwer nyala tapi lapotop gak mau hidup kenapa ya gan???

    BalasHapus
  8. @indra : ada beberapa kemungkinan gan, bisa jadi MB yang rusak atau processornya,,,, bisa juga solderan di bagian socket power yang longgar jadi tegangan gak masuk,sehingga laptop gak mau nyala,,,,,

    BalasHapus
  9. Buka laptopnya cukup dari belakang di bagian RAM atau gimana. maklum pemula

    BalasHapus
  10. gan, saya mau tanya,,

    netbook saya, (axioo pico) bluescreen terus tiap mau masuk ke OS tapi blue screennya sangat cepat.. gak kebaca. mau diinstall ulang tapi bios saya terpassword dan sekarng yg saya alami menu bootnya gak bisa digonta ganti.. terakhir ada gambar begini,, gimana solusinya?? mohon banget bantuannya,,,
    http://www.facebook.com/photo.php?fbid=582251525124920&set=o.257136697679937&type=1&relevant_count=1&ref=nf

    BalasHapus
  11. Seep gan..berhasil nih.. Walaupun netbooknya merk advan dan type batrenya beda, tapi bisa juga pake type batere yang agan pake.
    Thanx bgts nh...

    BalasHapus
  12. Bagimana mengganti baterai cmos sony vaio pcg-21212w dan berapa ukuaran baterainya mohon penjelasannya bos trimakasih

    BalasHapus
  13. kalo baterai cmos, ukurannya hampir sama semua, hanya letaknya yg beda, silahkan bro cari di papannya,,

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter