5 Contoh Tari Kreasi Nusantara Beserta Gambarnya

Posting Komentar
 Tari kreasi nusantara adalah tari klasik yang diaransemen ulang dan dikembangkan kembali sesuai perkembangan zaman, namun tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Tari kreasi nusantara umumnya diciptakan oleh para pakar tari. Beberapa tari kreasi dapat kita lihat pada karya-karya Bagong Kusudiarjo dan Sauti. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh tari kreasi nusantara tersebut.

1. Tari Nguri (Sumbawa)
Tari Kreasi Nusantara - tari nguri

Tari Nguri adalah contoh tari kreasi nusantara yang lahir dari lingkungan kerajaan Sumbawa. Tarian ini merupakan tarian yang dipentaskan untuk tujuan menghibur. Saat sang raja Sumbawa ditimpa kesulitan, tarian ini akan dimainkan para wanita istana untuk mengurangi kedukaan sang raja. Tari nguri kini sering dipertunjukan sebagai tarian penyambut tamu. Saat menerima kunjungan kerja dari pejabat terpandang dari Pusat, tari ini pasti akan dimainkan sebagai bentuk penghormatan.

2. Tari Kuntulan

Tari Kreasi Nusantara - tari kuntulan
Tari kuntulan adalah contoh tari kreasi nusantara yang lahir di awal abad 20-an dari kebudayaan masyarakat Pemalang, Jawa Tengah. Gerakan pada tarian ini identik dengan gerakan pencak silat bernuansa Islami karena memang terlahir di masa perjuangan kemerdekaan. Saat ini tari kuntulan masih sering dipentaskan pada acara-acara hajat atau saat upacara hari besar nasional.

3. Tari Merak
Tari Kreasi Nusantara - tari merak

Tari Merak, Jawa Barat Contoh tari kreasi nusantara selanjutnya adalah tari merak. Tarian ini adalah tari yang mengekspresikan keindahan burung merak. Berbagai gerakan di dalamnya diambil dari gerakan-gerakan burung merak wanita. Tarian ini diciptakan oleh Seniman Sunda, Raden Tjetje Somantri pada pertengahan abad ke-19.

4. Tari Rara Ngigel
Tari Kreasi Nusantara -tari ngigel

Tari Rara Ngigel, Yogyakarta Tari Rara Ngigel adalah contoh tari kreasi nusantara yang diciptakan oleh Ida Wibowo, putri seniman tari kenamaan Bagong Kusudiarjo. Tarian yang menceritakan tumbuhnya seorang gadis yang beranjak dewasa ini juga merupakan contoh tari berpasangan, karena dalam pementasannya tarian ini diperagakan oleh sepasang pria dan wanita.

5. Tari Kupu-Kupu

Tari Kreasi Nusantara - tari kupu-kupu
Tari Kupu-kupu, Bali Tari kupu-kupu adalah tari kreasi baru asal Bali yang mengekspresikan kehidupan kupu-kupu biru tua. Tarian ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat mancanegara karena sering dipentaskan dalam festival-festival tari dunia. Dimainkan secara berkelompok oleh 5 orang wanita, tarian ini tampak begitu eksotis karena mengaplikasikan teknik gerakan gemulai dan pewarnaan eye catching pada busana yang digunakan.

sumber gambar: Google Image

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter