Gammu/Wammu SMS Gateway

2 komentar
Senang sekali rasanya ical bisa kembali mengupdate blog ini. Kali ini ical akan sedikit bahas tentang Gammu/Wammu. Mungkin saja teman-teman yang sempat melihat postingan ini sudah pernah membaca sebelumnya, tapi tidak apalah ical akan jelaskan dengan versi ical sendiri. Gammu/Wammu adalah suatu software open source yang dapat diaplikasikan untuk mengontrol pesan, kontak handphone ataupun modem GSM. Jadi Gammu dapat diibaratkan sebagai pengganti hp yang diinstall pada komputer kita.

Pengertian Gammu/Wammu, ical quote dari website resminya

Wammu/Gammu is a program to manage data in your cell phone such as contacts, calendar or messages. It is built on Gammu library, which provides abstraction layer to work with different cell phones from different vendors (including Nokia, Sony-Ericsson, Motorola, Samsung, Siemens, Huawei and others).

Versi Google translate seperti ini,
Wammu/Gammu adalah program untuk mengelola data di ponsel Anda seperti kontak, kalender atau pesan. Hal ini dibangun pada Gammu perpustakaan, yang menyediakan lapisan abstraksi untuk bekerja dengan ponsel yang berbeda dari vendor yang berbeda (termasuk Nokia, Sony-Ericsson, Motorola, Samsung, Siemens, Huawei dan lain-lain).

Dalam hal ini Gammu/Wammu layaknya semua handphone/ponsel bisa mengirim dan menerima pesan, bisa menyimpan nomor ponsel dalam jumlah yang tidak terbatas. Yang membedakannya adalah gammu bisa diintegrasikan dalam beberapa pemograman contohnya pemograman PHP jadi fungsinya bisa jauh lebih banyak seperti balas otomatis pesan, meneruskan pesan, pengiriman pesan secara massal, dimana ini tidak terdapat pada fungsi handphone ataupun ponsel.

Gammu juga bisa diaplikasikan pada website seperti website sms gratis, website sekolah, dan lain sebagainya. Website sms gratis pada umumnya menggunakan Gammu sms gateway dimana fungsinya sebagai aplikasi yang mampu mengirimkan sms melalui website tapi kalau dicerna lebih jauh, sebenarnya sms yang anda kirim melalui website sms gratis, melalui tahap seperti di bawah.

Jalur pengiriman sms

Jalur balas sms


Pada website pendidikan Gammu sms gateway biasanya digunakan untuk keperluan akademik, seperti cek nilai dengan otomatis oleh mahasiswa, info kampus melalui sms, info rapat dosen, dan lain-lain.

Sebenarnya gammu bisa diaplikasikan dimana saja, asalkan pengaplikasiannya adalah berbasis pesan teks. Contoh yang ical garap saat ini adalah server pulsa elektronik menggunakan Gammu sms gateway. Jadi kesimpulan Gammu bisa menjadi software multifungsi tergantung kreatifitas dari kita. Mungkin itulah sedikit penjelasan mengenai Gammu, nanti pada postingan berikut ical lebih perinci lagi bahas tentang Gammu ini. Untuk download softwarenya silahkan menuju ke halaman download.

Related Posts

2 komentar

  1. mas bisa tanya dan berbagi sedikit ilmunya saya sedang ngerjakan TA berkaitan dengan ini saya pengen blajar di mas tlong add fb saya ya nanang elek
    makasih sebelumnya mas

    BalasHapus
  2. saay pengen blajar mas klo bisa minta sedikit ilmunya?? apa saya bisa menghubungi mas lewat fb?? fb saya nanang elek

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter