Mau Ganti Domain??? Pikir-Pikir Dulu Dehh!!!

9 komentar
Blogger merupakan penyedia tempat hosting dan subdomain gratis yang bisa dimanfaatkan oleh teman-teman semua yang hobi nge-blog (hobi menulis online). Domain yang kita dapatkan saat mendaftar blog gratis di blogger tentunya bukan domain level tinggi, alias bisa dikatakan itu merupakan subdomain dimana domain utamanya adalah blogger atau blogspot.com.

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan subdomain gratisan dari blogger.
Kelebihannya : tidak perlu membayar sepeserpun dari awal nge-blog sampai kegiatan blog dihentikan, lebih diprioritaskan di search engine google karena blogspot masih bernaung di bawah kekuasan google* .
Kekurangannya : search engine buka hanya google melainkan ada beberapa seperti yahoo, bing, dll, selama ical nge-blog, baru kali ini (merubah domain ke icalcell.com) mendapatkan kunjungan dari beberapa search engine. Selain berdampak pada visitor maka berdampak juga pada program-program yang akan diikuti oleg blog nantinya, semisal blog akan di monetize seperti ikut ppc dan lainnya. Sebagian besar situs ppc yang menawarkan pembayaran lebih mengharuskan url blog menggunakan domain level tinggi bukan subdomain.

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan diatas, maka ical berharap kepada teman-teman yang baru akan merintis karir di dunia blogger atau ingin membuat website mempertimbangkan dulu domain yang akan dipakai dan blog nantinya akan diapakan.

Seperti judul diatas kenapa perlu ganti domain padahal ada beberapa kerugian yang akan ical dapatkan, contoh:
  1. Backlink yang sudah ditanam dahulu kalah akan menghilang begitu saja.
  2. Pagerank yang sudah meningkat dan alexa rank yang sudah menciut akan ikut memburuk.
  3. Pengunjung mula-mula akan ikut menciut juga.
Dibawah ini merupakan alexa rank untuk blog ical, ketika masih menggunakan icalcell.blogspot.com
Statistik diatas sudah mulai membengkak lagi, pernah tembus 187-an ribu. :( :( :(. Jarang-jarang loh yah blogspot dapat segini alexa rank. Hehehehe.

Sangat disayangkan, tapi itulah ical, tidak begitu puas dengan 1 hal saja, ical ingin blog ini juga merasakan domain dengan ekstensi .com. Biar pintarnya jelas terlihat. Kita tidak akan merasakan sesuatu sebelum kita mencoba. Dan sekarang icalcell.blogspot.com akan digantikan oleh icalcell.com, mudah-mudahan popularitas yang pernah diraih oleh icalcell.blogspot.com akan dicapai juga oleh icalcell.com bahkan kalau bisa melebihinya. Mau Ganti Domain baca dulu Keuntungan Dan Kerugian Ganti Domain.

Related Posts

9 komentar

  1. amin....
    moga tercpai cita2nya bang.....
    bang ical, sy mau tanya neh,

    kalau pakai CSS compressor agar blog lebih ringan d buka, ap ad pengaruh negatifny sperti halaman bakal berantakan dll?

    trus, kalau bang ical pakai CSS compressor gak?

    BalasHapus
  2. klo masih pake subdomain blogspot, maka alexa rank nya bukan tunggal milik blog kita bro, tapi rank secara keseluruhan tuk blogspot.

    biasanya blog baru pun udah segitu rankingnya... ^_^
    kecuali kalo traffic kita udah sedemikian padatnya mungkin baru diperhitungkan secara tunggal subdomain yg kita pake.

    CMIIMW

    BalasHapus
  3. Vario - gada sob, itu malah lebih bagus, akan mempeerkecil ukuran css,, membuang kode2 yang tidak perlu ada dalam html,,, ical gunakan itu koq... ada sedikit perbedaan memang lebih ringan diakses setelah di compress.

    @Tml - iya tapi setidaknya wlwpun pake blogspot, kalo alexarnk sudah menciut maka posisi blog di serp akan diperhitungkan,,, subdomain dan domain akan memiliki peringkat tersendiri,,,

    BalasHapus
  4. makasih bang ical atas jawabannya...
    :)

    BalasHapus
  5. bang ical.....
    mau tanya lagi nih....
    kalau bkin widget blogspot menjadi berdekatan 1 dg yg lainnya kayak punya bang ical, caranya gmn sih?

    mohon jawabanny ya bang.....
    :)

    BalasHapus
  6. misalnya yah,, widget untuk sidebar, cari kode css sidebar .widget {padding :0; margin: 0;} , defaulnya itu 5px untuk jarak antar widget, jadi kalo mau berdekatan di 0px aja.

    BalasHapus
  7. walah....walah....
    mumet dah kpala nih....
    dari siang gak bs2 jg sy merapetkanny

    klau bang ical berkenan, tulung liatin blog ane dunk....
    dmn letakny kode widget tsb yg harus diubah menjadi 0px.....
    plissss......

    ini blog sy: hxxp://pontianakjob.blogspot.com/

    BalasHapus
  8. Bang ical, ane mau tanya nih, ane kan abis ganti alamat blog ane, terus pas ane cari postingan ane di google, isinya artikel yang masuk ke alamat blog yg dulu. nah, pertanyaan ane, postingan yg ada di alamat blog baru ane masih bisa di baca mbah google gak tuh ? mohon jawabannya para master blog..

    BalasHapus
  9. makasih mas, saya juga berencana mengganti domain blog saya yang masih gratisan, namun bagaimana ya kira-kira jika saya menggantinya menjadi domain dot com

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter