Binatang Inspirator

Posting Komentar
binatang inspirator
 Tahukah kamu bahwa beberapa teknologi yang berkembang saat ini adalah karena terinspirasi dari berbagai jenis hewan ? Berikut ini dipaparkan 4 macam teknologi yang dibuat oleh manusia yang meniru keistimewaan hewan-hewan tersebut :

1. Kepala kereta api
Kereta peluru Jepang (Shinkansen) seri 500 merupakan salah satu kereta tercepat di dunia. Kereta ini terinspirasi dari bulu burung hantu untuk mengurangi suara tekanan udara dan desain hidung kereta yang runcing terinspirasi oleh paruh burung pekakak.

2. Pemantul mata kucing (penanda margin dan pembagi jalur lahan)
Setelah mempelajari Tapetum lucidum (lapisan jaringan di mata hewan vertebrata), sel reflektor dimata kucing yang memantulkan cahaya walaupun berjumlah sedikit, pada tahun 1935, Percy Shaw membuat reflektor yang sekarang digunakan di jalan untuk menandai margin dan membagi jalur jalan.

3. Helikopter
Helikopter Sikorsky dirancang dengan meniru rancangan sempurna dan kemampuan manuver dari seekor capung. Perusahaan helikopter Amerika Serikat, Sirosky telah merancang desain baru dengan menjiplak secara langsung cara terbang pada helikopter. Proses ini ditunjukkan melalui gambar denga tahap-tahap peralihan selama perancangan helikopter. Selain itu, MMB, perusahaan pembuat senjata dan roket, telah mengambil rancangan aerodinamis dan cara terbang capung sebagai acuan dalam pembuatan helikopter jenis BO-105.

4. Dari serangga hingga stasiun kereta modern
Pada tahun 1987, para politisi Perancis menunjuk arsitek Santiago Calatrava untuk merancang Lyon-Stolas, stasiun kereta api supercepat TGV. Merekaingin membuat bangunan atasiun dengan bentuk mewah, menrik, dan menjadi simbol kemegahan. Tiang-tiang beton menopang bangunan raksasa yang mirip sangkar berbingkai ini, terinspirasi dari seekor serangga. Cahaya-cahaya hijau dan biru yang bisa dengan mudah ditemui pada cangkang serangga menandai bangunan ini. Semenjak pembukaannya pada Juli 1994, stasiun ini terkenal sebagai salah satu mahakarya luar biasa.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter