Instrument Pengisian EDS (Evaluasi Diri Sekolah)

Posting Komentar
daftar isi instrumen eds online
Melanjutkan postingan kemarin, kali ini saya akan bagikan ke anda semua, yang mungkin sekolahnya tidak diundang untuk mengikuti sosialisasi terkait pengisian EDS atau berhalangan datang.

Dalam EDS 2012 ini dikenal E-EDS yang artinya Elektonik EDS dimana EDS sekarang mempunyai sistem yang elektronik atau sistematis. EDS yang awalnya dibuat manual, melalui pengisian angket seterusnya proses input ke instrument, dan langkah akhir proses peng-upload-an.

Langkah-langkah singkatnya seperti dibawah ini:
  1. Proses pengisian angket yang terdiri dari angket kepala sekolah, angket guru, angket komite, angket siswa, dan angket telaah RPP. Proses penggandaan angket silahkan sesuaikan dengan jumlah responden yang sudah ditetapkan dalam instrumen EDS.
  2. Setelah semua responden menjawab angket, sekarang waktunya menginput jawaban ke dalam instrumen EDS yang telah disiapkan.
  3. Proses input selesai, lihat hasil di sheet Rekap Data dan Grafik untuk mengetahui situasi dan tingkatan tataran sekolah anda
  4. Selanjutnya proses upload data ke EDS pusat, dengan mengakses di e-eds.kemdikbud.go.id. Disana akan ada form login ke member area, dimana user dan password akan disampaikan oleh pengawas di dinas setempat.
  5. Setelah langkah upload sudah selesai. berarti seluruh rangkaian kerja untuk pembuatan EDS sudah selesai, tinggal menunggu hasilnya nanti dari EDS online 2012.
Sebagai catatan yang harus diperhatikan adalah pengisian angket instrumen EDS tersebut, dimana harus benar-benar relevan dengan keadaan sekolah, jangan hanya asal-asal menandai pilihan dalam angket atau merekayasa data. Karena hal ini akan mempersulit pemerintah dalam mengontrol sekolah anda. EDS ini tidak akan mempengaruhi kinerja dari pihak PTK di sekolah bersangkutan.

Untuk mendownload instrumen EDS dan Angket-angket yang diperlukan silahkan berkunjung ke e-eds.kemdikbud.go.id. Disana akan anda temui menu download. Jika menemukan masalah saat download, silahkan tinggalkan komentar dibawah, saya memilih format tersebut, nanti diuploadkan ulang. Dengan EDS Online, Sekolah diharapkan dapat berkembang sesuai pengharapan pemerintah Indonesia.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter