Pengertian Istilah Dalam Jaringan Komputer

Posting Komentar
Dalam postingan ini akan dibagikan pengertian beberapa istilah dalam jaringan komputer khusunya internet. Ini merupakan tugas yang saya berikan kepada anak didik karena sekarang ini lagi belajar tentang search engine. Makanya saya beri tugas untuk mencari beberapa keyword di serach engine google. Keyword antara lain, browser, email, chating, upload, download, network, domain, blog, website, hosting, connect, disconnect, lan, intrenet, peer to peer, browsing, time out koneksi, dial up, adsl, modem, router, hub, isp, grps. Nantinya perngetian yang didapat dari internet harus dicantumin sumbernya.

Berikut hasil kerja salah satu anak didik yang sudah mengerjakan tugasnya.


M A K A L A H     T I K
D
I
S
U
S
U
N


OLEH :
 LISDA YANI
IX A
010016

SMP  NEGERI 1  BONTOSIKUYU



1.Pengertian browser
Secara sederhana adalah sebuah perangkat lunak yang manfaatnya adalah untuk menampilkan berbagai dokumen yang tersedia pada web server, proses menampilkan berbagai dokumen ini melewati sebuah interaksi antara browser dengan web server. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian browser, mungkin akan terjawab dengan studi kasus secara langsung tentang browser yang sudah umum kita gunakan.
Sumber : http://pitikkedu.blogspot.com/2012/12/pengertian-browser.html

2.Pengertian e-mail
Surat elektronik atau pos elektronik (bahasa Inggris: email’) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). Pengertian atau arti email dalam bahasa inggris
Sumber : http://freolaz.webs.com/apps/blog/show/20975044-pengertian-email

3.Pengertian Chatting
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.
Sumber : http://sari-rahmadhanixi.blogspot.com/2011/11/pengertian-chatting.html

4.Pengertian Upload
Upload adalah juga proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem komputer ke sistem komputer yang lainnya dengan arah yang berkebalikan dengan download. Dari internet, user yang melakukan proses upload adalah proses dimana user mengirimkan file ke komputer lain yang memintanya. User yang men-share gambar,foto dengan yang user yang lainnya di bulletin board sytem (BBS), mengupload file ke BBS. File Transfer Protocol (FTP) adalah contoh Internet protokol untuk downloading and uploading files. Arti istilah Upload dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut : Mengirim file dari komputer Anda ke komputer lain. Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Secara umum upload dapat diartikan proses transmisi data dari komputer client/pemakai ke internet.
Sumber : http://eviandrianimosy.blogspot.com/2010/04/pengertian-upload-dan-download.html

5.Pengertian Download
Download adalah proses transmisi sebuah file dari sebuah sistem computer ke sistem komputer yang lainnya. Dari internet, user yang melakukan proses download adalah proses dimana seorang user meminta / request sebuah file dari sebuah komputer lain (web site, server atau yang lainnya) dan menerimanya. Dengan kata lain, download adalah transmisi data dari internet ke komputer client/pemakai. Arti istilah Download dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut : Menerima file dari komputer lain ke komputer Anda. Kegiatan penerimaan data (berupa file) dari komputer lainnya ke komputer lokal yang terhubung dalam sebuah network. Secara umum dapat diartikan bahwa download adalah untuk menerima file dan upload adalah untuk mengirimkan file.
Sumber : http://eviandrianimosy.blogspot.com/2010/04/pengertian-upload-dan-download.html

6.PENGERTIAN NETWORK
Network adalah sebuah jaringan antar komputer yang menghubungkan satu komputer dengan jaringan lainnya. untuk menyusun jaringan ini, diperlukan perencanaan dari jaringan yang dibangun yang disebut dengan topology. scope jaringan itu sendiri dibagi menjadi tiga, yaitu LAN, WAN, dan MAN. Perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung jaringan diantaranya card jaringan.
Sumber : http://www.rio-chikara.com/2012/07/network.html

7.Pengertian domain
Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama Domain berfungsi mempermudah pengguna di internet untuk melakukan akses ke server dan mengingat server yang dikunjungi dibandingan harus mengenal deretan nomor atau yang dikenal IP address. Nama domain juga di kenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web
Sumber : http://bungurnews.blogspot.com/2011/01/pengertian-dan-cotoh-domain.html

8.Pengertian Blog
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi
Sumber : http://cara-buat-blog-di.blogspot.com/2011/01/pengertian-blog.html

9.PENGERTIAN WEBSITE
Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya antara www (world wide web) dan web adalah sama karena kebanyakan orang menyingkat www menjadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan trehubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.
Sumber : http://carapedia.com/pengertian_definisi_web_info2043.html

10.PENGERTIAN HOSTING
Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain. Sedangkan Hosting Itu Sendiri Adalah : jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS.
Sumber : http://rohimahyati.wordpress.com/2010/05/21/pengertian-hosting/

11.PENGERTIAN CONNECT
Istilah untuk menghubungkan dengan saluran komunikasi atau keadaan terhubung dengan jaringan manapun.
Sumber ; http://nengfinacyber.blogspot.com/2012/10/pengertian-connect.html

12.PENGERTIAN DISCONNECET
Pengertian Disconnected adalah Player yang meninggalkan permainan disebabkan oleh kesalahan teknis. Seperti: internet mati, komputer error, listrik mati, restart komputer, dan lain². Player dilarang untuk melakukan Disconnected secara sengaja. Player yang melakukan Disconnected secara sengaja maupun tidak disengaja sebanyak 3x dalam 8 hari. Akan di berikan Sanksi berupa Banned ID (Lama: 18 hari)
Sumber : http://www.nusareborn.in/archive/index.php/t-9476.html

13.Pengertian Local Area Network
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot. Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Sumber : http://happy-network.net46.net/definition.html

14.PENGERTIAN INTRANET
Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Sumber : http://debardebur.blogspot.com/2010/11/pengertian-intranet.html

15.Pengertian Peer To Peer
Peer to Peer adalah adalah suatu teknologi sharing (pemakaian bersama) resource dan service antara satu komputer dan komputer yang lain. pengertian yang lebih tepat mengenai peer to peer (p2p) adalah sistem terkomputerisasi Client-Server dimana suatu komputer berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server, sehingga memungkinkan komunikasi dan pertukaran resource antara dua komputer secara langsung (real time).
Sumber : http://manusiabiasa830.blogspot.com/2010/04/pengertian-peer-to-peer.html

16.BROWSING
Browsing adalah seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, bermain game, menulis blog, mengirim e-mail, dan lain sebagainya.
Sumber : http://bungurnews.blogspot.com/2011/01/pengertian-browsing-dan-contoh-browser.html

17.PENGERTIAN DIAL UP
Dial-up connection atau biasanya disebut dial-up saja,merupaka istilah teknologi akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak.Pertama-tama,komputer melakukan pemanggilan telepon melalui modem (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah komputer terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer sudah dapat terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan di Internet.Hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula kompuer terputus dari Internet.
Sumber : http://semproool.wordpress.com/tag/pengertian-dial-up/

18.PENGERTIAN TIME OUT KONEKSI
Pengertian Request Time Out (RTO) - Requst Time Out adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari klien setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi) antara lain karena:
Sumber : http://smk-kp.blogspot.com/2011/05/pengertian-request-time-out-rto.html

19.PENGERTIAN MODEM
Tahukah anda apa itu modem atau pengertian modem? Kebanyakan dari kita tidak mengerti apa itu modem yang sering kita pakai sehari-hari. Modem merupakan kependekan dari kata Modulator Demodulator, apa itu modulator dan demodulator? Modulator adalah bagian yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal informasi menjadi sinyal carrier yang mana sinyal tersebut dapat dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal carrier menjadi sinyal informasi.
Sumber : http://pitikkedu.blogspot.com/2013/01/pengertian-modem.html

20.PENGERTIAN ADSL
Modem adsl atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara. Beberapa modem ADSL juga mengelola dan membagi sambungan dari layanan ADSL dengan beberapa komputer. Dalam hal ini, modem ADSL berfungsi sebagai DSL router atau residential gateway. Blok di dalam DSL router ada yang bertugas dalam proses framing, sementara blok lainnya melakukan Asynchronous Transfer Mode Segmentation and Reassembly, IEEE 802.1D bridging dan atau IP routing. Antarmuka yang umum ditemui pada ADSL modem adalah Ethernet dan USB. Meskipun modem ADSL bekerja dalam modus bridge dan tidak membutuhkan IP address publik, modem ADSL tetap disertai IP address untuk fungsi managemen seperti alamat IP 192.168.1.1.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Modem_ADSL

21.PENGERTIAN ROUTER
Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya seperti menghubungkan network yang menggunakan topologi Bus, Star dan Ring. Router minimal memiliki 2 network interface. Dalam postingan sebelumnya tentang mengenal teknik subneting telah disinggung bahwa koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) hanya bisa terjadi dengan bantuan Router. Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.
Sumber : http://www.catatanteknisi.com/2011/05/pengertian-cara-kerja-router.html#.UP-WjCxpDQo

22.PENGERTIAN HUB
hub adalah alat yang berfungsi sebagai tempat untuk menerima data dan meneruskannya menuju tempat yang lain. hub terdiri dari port-port RJ-45 female sehingga kabel-kabel twisted pair yang sudah terpasang konektor RJ-45 dapat dengan mudah ditancapkan pada hub.
Sumber : ttp://pengertianpengertian.blogspot.com/2012/06/pengertian-hub.html

23.PENGERTIAN ISP
ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di BaLi
Sumber : http://pratiwiastuti.blogspot.com/2009/01/pengertian-isp.html

24.PENGERTIAN GPRS
Apa itu GPRS?, GPRS adalah singkatan dalam bahasa Inggris, yaitu General Packet Radio Service, adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD. Sering disebut pula dengan teknologi 2,5G. GPRS merupakan sistem transmisi berbasis paket untuk GSM yang menggunakan prinsip ‘tunnelling’. Ia menawarkan laju data yang lebih tinggi. Laju datanya secara kasar sampai 160 kbps dibandingkan dengan 9,6kbps yang dapat disediakan oleh rangkaian tersakelar GSM. Kanal-kanal radio ganda dapat dialokasikan bagi seorang pengguna dan kanal yang sama dapat pula digunakan secara berbagi (’sharing’) di antara beberapa pengguna sehingga menjadi sangat efisien.
Sumber : http://www.alrezacell.web.id/2012/04/pengertian-gprs.html

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter