Praktek Membuat Nilai Rapor Kelas VIIIA SMPN 1 Bontosikuyu

1 komentar
Selasa kemarin (9/4), siswa kelas VIII yang telah mempelajari bagaimana menggunakan rumus di microsoft office excel versi 2007 seperti rumus sum, average, max, min, dan if, maka pada saat ini mereka semua ditugasi untuk membuat daftar nilai rapor.

Mengingat jumlah PC sedikit dibanding jumlah siswa yang ada yaitu sekitar 23 orang, maka setiap PC diasumsikan untuk 2 orang, sehingga praktek bisa selesai selama 2x40 menit pelajaran.

Mula-mula mereka harus membuat KOP, seterusnya membuat tabel seperti format yang ditampilkan di slide depan mereka. Untuk nilai rapor sendiri mereka hanya dituntut untuk melakukan operasi perkalian dan penjumlahan saja.

Awalnya memang mudah karena hanya * dan + saja, tiba pada deskripsi kemajuan belajar, dimana akan ada 3 pernyataan disana yaitu tidak tercapai, tercapai, atau terlampaui. Dimana hal ini sudah mereka pelajari yaitu menggunakan fungsi IF. Tetapi yang kemarin-kemarin hanya menggunakan 2 pernyataan saja yaitu Lulus dan Tidak Lulus.

Setelah saya tampilkan rumus if untuk 3 pernyataan pada slide, maka semua sudah bisa menyelesaikan prakteknya dengan baik dan tuntas tentunya.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter