Dapodikdas 2013: Gagal Sinkronisasi Karena Constraint Failed

2 komentar
Dapodikdas 2013: Gagal Sinkronisasi Karena Constraint Failed
Pada postingan kali ini, kami akan menjelaskan sekitar notifikasi yang muncul saat anda OPS melakukan proses Sinkronisasi pada aplikasi dapodikdas sekolah anda. Sebelumnya proses sinkronisasi ini sama halnya kirim data ke server pada dapodik versi sebelumnya. Bedanya adalah pada proses penambahan PTK/PD pada dapodikdas 2013, bisa tertambah ke tabel utama setelah melakukan proses sinkron.

Namun untuk sekarang ini banyak OPS termasuk saya yang gagal melakukan sinkron dengan keterangan Gagal Sinkronisasi karena contraint failed. Proses sinkron atau mengirimkan data ke server ini merupakan proses yang harus dilakukan ketika OPS menambahkan data PTK dan PD yang baru, untuk memindahkannya ke tabel utama, yang kemudian bisa di edit lebih detail. Jika proses sinkron gagal dilakukan berarti OPS tidak bisa melanjutkan pekerjaan, terpaksa di tunda dulu.

Hal ini terjadi pada sekolah saya dimana saat ini ada 85 Peserta didik baru di tabel sementara tepat siswa kelas 7 yang baru-baru masuk. Dan juga 2 PTK baru yang bermaksud ingin mengambil jam guna mencukupi jam untuk Sertifikasinya.

Belum lagi nanti ingin mengupdate kembali Rombel, jadi saya harap kepada operator pusat untuk memperbaiki aplikasi dapodikdas 2013 supaya proses sinkronisasi yang dilakukan oleh semua OPS di Indonesia bisa berjalan lancar.

Sebenarnya ada cara supaya proses sinkronisasi pada aplikasi dapodikdas 2013 versi 2.0.3 dan versi db 2.3 bisa terkirim asalkan sabar, dengan melakukan proses sinkronisasi secara berulang-ulang hingga akhirnya proses sinkronisasi berhasil. Atau bisa dengan menggunaka browser lain, contohnya Google Chrome. Selamat mencoba semoga berhasil melakukan sinkronisasi.

Related Posts

2 komentar

  1. klo data blm valid bsa ap g untuk sinkronisasi, mhn bantuannya

    BalasHapus
  2. di perbaiki dulu data yg tdk validnya pak,, nanti valid semua bru di sinkron ulang....

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter