Dapatkah Dapodik Dikerjakan Bersama-sama Dibeberapa Komputer???

Posting Komentar
Dapokdik yang merupakan data pokok pendidikan khususnya para PTK (Pendidik dalam hal ini guru, Tenaga Kependidikan dalam hal ini tenaga administrasi disekolah yakni tata usaha) dan Peserta Didik. Dimana data-data pendidikan telah dirancang sedemikian rupa agar bisa sampai ke pemerintah pusat untuk dikelola dan diketahui keberadaan suatu sekolah.

Dapodik sendiri merupakan suatu pekerjaan yang bisa dikatakan mudah tetapi membutuhkan kesabaran dalam hal pengerjaannya. Sebut saja dalam hal proses penginputan sarana dan prasarana, data longitudinal siswa maupun PTK yang membutuhkan waktu sangat lama.

Lamanya waktu yang dibutuhkan sedangkan pemerintah pusat dalam hal ini Kemendikbud menuntut proses yang cepat, sehingga Operator sekolah yang mungkin hanya seorang diri, sudah pasti membutuhkan bantuan dari teman-teman TU atau guru yang mengerti tentang input data melalui browser.

Dapodik tahun lalu saja yang masih berbasis software standalone, bisa dikerjakan bersama-sama, dengan jalan meng-share folder instalan Dapodik, tetapi yang namanya sharing paksa, tentu saja akan terjadi hal-hal yang tidak sepatutnya terjadi. Seperti teman yang kerja dikomputer lain sudah selesai, nyatanya di komputer utama setelah dicek, tidak ada satupun data yang tersimpan (hasil kerja dari komputer lain).

Untung saja dapodik tahun ini sudah berbasis localhost (web), yang artinya komputer yang salang berhubungan dengan komputer yang sudah terinstall dapodik bisa mengakses langsung ke aplikasi, tanpai sharing folder lagi. Asal ada jaringan internal (LAN) dalam sekolah sudah pasti semua komputer yang terkoneksi didalamnya bisa mengakses ke situs local host dapodikdas 2013.

Lantas cara agar Dapodik Dikerjakan Bersama-sama Dibeberapa Komputer???
1. Disekolah harus sudah ada jaringan internalnya, entah itu jaringn LAN atau jaringan WIFI, untuk sekolah kami sudah tersedia jaringan LAN dan Wifi tersebut. Jika sekolah bapak tidak ada fasilitas jaringannya,bisa membuat jaringan sendiri dengan menggunakan jaringan AD-HOC. untuk lebih jelasnya tentang jaringan Ad-Hoc bisa di buka disini.
2. Kita anggap komputer yang sudah terinstall dapodik sudah terhubung dengan beberapa komputer yang nantinya akan digunakan untuk mengerjakan dapodik bersama-sama.
3. Cek IP address komputer utama (dalam hal ini komputer yang terinstall dapodik), caranya klik start, ketik Run, kemudian enter, ketik cmd, kemudian Ok.
4. Terbuka jendela command prompt, ketik perintah ipconfig /all
5. Lihat interface yang terhubung ke jaringan, disini saya contohkan, LAN laptop yang terhubung ke jaringan local, lihat gambar dibawah.
dapodik dikerjakan secara bersama

6. Dari langkah diatas, kita sudah mengetahui, alamat IP komputer adalah 192.168.1.3.
dapodik dikerjakan secara bersama
7. Alamat inilah yang digunakan untuk bisa mengakses dapodik dari komputer lain. Seperti pada postingan ini, saya contohkan mengunjungi dari komputer lain.

Review dari blog kekerr.com : Dapatkah Dapodik Dikerjakan Bersama-sama Dibeberapa Komputer???

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter