Dapodikdas: Cara Menyalin Data Semester 1 Ke Semester 2

1 komentar
Para operator dapodik tingkat sekolah kini diminta agar mengirimkan data semester 2 tahun pelajaran 2013/2014 oleh pusat. Tentunya para operator harus menyelesaikan dulu proses sinkronisasi semester 1, dan upayakan data yang ada di semester 1 sudah valid semua (tidak ada data invalid).

Untuk proses pengiriman data semester 2 yang akan dijadikan dasar penerbitan SK Tunjangan bagi para Guru, diharapkan data benar-benar akurat dan dapat dipercaya, sehingga kehati-hatian dalam hal ini sangat diperlukan.

Sesuai anjuran dari dinas pendidikan kab.kota, para operator dihimbau agar mengirimkan data semester 2 menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru yakni versi 2.0.6, yang mana versi ini sudah di rilis kemarin, dan bisa didaptkan di situs info pendataan.

Pada postingan ini kami akan memberikan tips walaupun sebenarnya fasilitas ini sudah ada dalam dapodik versi 2.0.6 yaitu mengembalikan data periodik peserta didik, sarana prasarana dan rombel yang ada pada semester 1 untuk digunakan kembali di semester genap ini, dengan tujuan operator tidak kerja ulang lagi (memasukkan data yang sama seperti semester ganjil).

Jangan heran bila anda (operator dapodik) melakukan login dengan menggunakan semester 2, data periodik siswa, sarana prasarana, sekolah, dan rombel akan hilang. Karena memang data pada semester 1 tidak akan ikut semua ke semester 2, nanti operator sendiri yang mengaturnya.

Ini diperuntukkan kemungkinan saja sekolah mengalami perubahan atau peserta didik mengalama perubahan kan bisa di edit lagi. Tetapi dengan semakin sempit waktu untuk pengiriman data semester 2 yaitu hanya sampai tanggal 10 Februari 2014, maka tidak ada salahnya menyalin data semester 1 ke semester 2 pada data dapodik sekolah, untuk mempercepat pekerjaan, saya sendiri hanya perlu waktu 1 menit, setelah itu validasi sudah benar semua dan siap untuk sinkron data semester 2.

Berikut langkah, cara menyalin data periodik peserta didik, sarana prasarana dan rombel. Untuk peserta didik, silahkan ke tab peserta didik. kemudian ada menu Lanjutkan Data Periodik PD, seperti gambar dibawah ini.

Dapodikdas: Cara Menyalin Data Semester 1 Ke Semester 2
Klik tulisan tersebut, lalu akan muncul notifkasi ya atau tidak seperti gambar ini.
Dapodikdas: Cara Menyalin Data Semester 1 Ke Semester 2
SIlahkan klik saja Ya. Tunggu hingg proses selesai.

Untuk sarana prasarana dan rombel, cara sama yaitu dengan Melanjutkan Data. Kecuali untuk Tab Sekolah, Data periodik dan sanitasi harus di isi manual lagi dan saya rasa ini tidak terlalu memakan waktu karena hanya ada beberapa isian. Setelah itu silahkan validasi, pasti sudah valid semua.

Catatan: Cara Menyalin Data Periodik Peserta didik, Sarapras dan rombel diatas berfungsi(data valid semua) apabila data pada semester 1 memang sudah valid semuanya, jadi validkan dulu semua data semester 1, baru ke semester 2. Salam satu data dapodik.

Related Posts

1 komentar

  1. kalau lanjut kan data periodik semester loginnya pakai semester 1 apa semester 2 ?
    mohon reply.

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter