Komputer Tidak Ada Tampilan Di Monitor/Layar

Posting Komentar
Komputer Tidak Ada Tampilan Di Monitor/Layar
Beberapa waktu lalu saya sempat temui salah satu client yang membawa CPU Komputernya kerumah, katanya walaupun di hidupkan tidak ada tampilan di layar. Dalam hati saya menjawab pasti VGAnya yang bermasalah.

Tau sendiri kan kalau komponen yang berfungsi mengolah gambar/video untuk diteruskan ke monitor adalah VGA Card. Nah komputer sekarang ini VGA Card-nya sudah onboard semua di motherboard termasuk komputer si client ini onboard juga.

Langsung ke tahap pembongkaran casing. Waduhhh ternyata parah, banyak sekali debu dan sarang laba-laba dan memenuhi ruangan casing.

Pertama-tama, saya cek processor, bersihkan dan pasang lagi, tidak ada masalah pada proc. kedua cek semua kabel, cabut, bersihkan dan pasang lagi. Terakhir ram saya copot, bersihkan pakai penghapus pensil, pasang. Kemudian saya nyalakan belum ada perubahan. Tampilan belum berhasil diteruskan ke monitor.

Terakhir, saya coba ganti RAM, kebenaran saya masih punya stok RAM DDR2 yang nganggur, Pasang, nyalakan, alhasil sudah ada tampilan di monitor. Artinya disini yang bermasalah adalah RAM, ya RAMnya rusak.

Jadi kesimpulannya, ada banyak penyebab ketika gambar tidak ditampilkan di monitor, silahkan cek 1 per 1 komponen yang rawan rusak, yang utama rusak karena tidak stabilnya tegangan listrik.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter