Cara Modifikasi UPS 600 Watt Merek Power UP

Posting Komentar
Kali ini kami akan sharing cara memodifikasi sebuah UPS. Sebelum ke pokok bahasan, mungkin ada yang belum mengetahui apa itu UPS ? UPS merupakan suatu perangkat elektronik yang mampu menyimpan energi listrik dengan output 220volt, dimana mampu menanggung beban suatu komputer atau perangkat elektronik lainnya.

Pada umumnya UPS memiliki suatu daya tampung yang terbatas, tergantung pada aki yang digunakan. DImana sebuah UPS yang memiliki daya 600Watt biasanya menggunakan aki 5A 12volt seperti yang digunakan UPS Power UP.

Untuk Volt Baterai atau aki, itu berpengaruh terhadap daya output dari suatu UPS, dimana jika volt baterai/aki 12 volt daya output maksimal hanya 600VA, Dan jika batrei/aki menggunakan baterai 2 buah dengan kapasitas 1 batrei 12volt yang dirangkai secara seri maka tegangan akan naik menjadi 24volt, sehingga daya output maksimal 1200Watt. Ini sesuai dengan UPS Power Pro yang sebelumnya kami gunakan, menggunakan 2 accu 12volt dirangkai seri, dan daya outputnya 1200VA.

Kembali ke judul postingan yakni cara memodifikasi ups 600VA (Watt) merek Power UP atau bisa juga diaplikasikan pada UPS merek lain, dengan cara mengganti aki bawaan dengan aki yang memiliki ampere lebih besar dengan tujuan memiliki daya tahan yang lama. Jika pada percobaan kami, yakni dengan mengganti aki menggunakan aki mobil 45Ampere mampu bertahan hingga 3 Jam.

 Berikut gambarnya.
Cara Modifikasi UPS 600 Watt Merek Power UP


Itulah cara modifikasi ups 600watt merek power up menggunakan aki mobil yang ampere lebih besar daripada aki internal bawaan ups. Sekedar tambahan untuk pengecasan biasanya travo panas, jadi kami siapkan kipas angin sebagai pendingan saat proses charging, seperti yang ada pada gambar.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter