Solusi Laptop Tidak Masuk Windows: No Bootable Disk

Posting Komentar
Kemarin kami sempat kedatangan user, dimana yang bersangkutan mengelukan kalau laptopnya rusak akibat virus. Setelah kami cek nyalakan, ternyata Laptop atau dalam hal ini notebook acer 10 inchi, tidak bisa masuk ke windows, dilayar tertuliskan "no bootable disc", di enter tetap tulisan itu yang keluar.

Coba kami matikan laptopnya dengan menekan dan menahan tombol power. Setelah itu dinyalakan kembali dengan cepat menekan tombol F2 untuk masuk di menu bios, dengan tujuan mengecek hardwarenya. Di menu utama, terlihat HDDnya kosong, dalam hal ini HDD tidak terbaca. Hal ini juga disaksikan oleh sipemilik notebook ini. "harddisknya pak tidak terbaca, kemungkinan Harddisknya rusak", jelas kami kepada pemilik notebook.

Kemudian, kami pun membongkar casing bagian bawah, tempat hdd notebook terpasang. Dikarenakan sebelumnya sudah ada notebook semcam ini yang kami kerja, memang tipe acer semacam ini, tidak ribet untuk membongkar casing bawahnya, hanya perlu melepaskan 1 baut saja, kemudian terlihatlah semua hardware yang rawan mengalami kerusakan, yaaaa RAM dan HDD.

Kami pun melepas socket Harddisk, kemudian membersihkannya seadanya saja. Dan memasang harddisk cadangan yang kami punya. Setelah itu masuk lagi di menu booting. "Nah lihat pak, harddisk yang baru dipasang terbaca kan, artinya harddisknya bapak yang rusak karena tidak terbaca", jelas kami lagi ke pemilik notebook karena belum pulang juga.

Setelah itu kami coba pasang lagi, harddisk yang anggapan kami sudah rusak, dinyalakan, jreennnggg langsung muncul logo booting windows 7. Kami kaget termasuk yang punya, dn bertanya kok bisa masuk windows 7? Mungkin tadi hanya socket harddisknya yang kotor pak jadi tidak terbaca.

Sang bapak gembiranya tidak terkira, karena awalnya beliau sudah mau beli hard disk baru, ternyata tidak jadi karena hard disknya masih bagus. Jadi intinya jika permasalahan seperti diatas terjadi juga sama anda, jangan langsung bawa ke service, dibongkar dulu notebooknya, karena biasanya hanya kotor didalamnya, dan membuat salah satu hardware tidak berfungsi dengan baik, seperti yang terjadi dengan notebook pelanggan kami.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter