Menjaga Komputer Tetap Awet

1 komentar
Komputer merupakan alat elektronika yang rawan terjadi kerusakan, meliputi sofware dan hardware, pasti gada kan yang mau komputernya rusak, pasti semua ingin komputernya tahan lama, iya kan???


Baiklah saya beri tahu tips2 ala icalholic,

Tempat Penyimpanan Komputer
1. Tempatkan PC didalam ruangan yang sejuk tak berdebu, karena debu merupakan faktor perusak terdasyat pada komponen komputer, misalnya saja, menghambat jalur data, memenuhi soket memori dll.

2. Jangan sesekali gunakan karpet karena ini bisa menampung debu.
3. Jauhkan dari sinar matahari langsung (kayak makanan n minuman aja yach, hehehe)
4. Bersihkan ruangan komputer secara berkala, ya paling seminggu sekali.

Mengenai Hardware,

1. Upayakan rajin2 membuka casing untuk membersihkan komponen2nya, biasanya saya pake kuas yang kecil, yang dibersiin slot VGA card, Memori, Prosesor.
2. Biasakan menutup komputer apabila telah digunakan, biasa penutup ini ikut serta pada saat komputer dibeli, kalo gada beli baru , murah koq, gak sampe ratusan ribu.

Software/System Windows

1. Gunakan anti virus yang mantap agar komputer terhindar dari virus, sekarang anti virus yang lagi ngetrend2nya adalah Smadav, Avira, pilih aja mana suka, yang penting selalu diupdate agar bisa mengenali virus terbaru. (kalo saya pake Kaspersky, bagus performanya)
2. Gunakan tune up utility tergantung mau pake versi apa, sofware ini berfungsi untuk menganalisa masalah pada sistem komputer.
3. Clean data yang tidak dibutuhkan lagi secara berkala.
4. Lakukan defragment pada tiap partisi secara berkala misalnya 3 bulan sekali, ini bertujuan agar harddisk tetap awet, jangan keseringan di defrag nanti harddisk bisa aus,
5. Jangan membuka program berat secara bersamaan upayakan bergantian agar daya kerja memory bisa optimal.
6. Selalu merefresh agar komputer tetap segar dan sejuk.

Moga bermanfaat. See U next time.

Related Posts

1 komentar

  1. Bagus infonya, nanti saya praktekin, di tunggu postingan berikutnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter