Cara Penyusunan RPP Terbaru TA 2012/2012

Posting Komentar
Pada postingan kali ini saya akan memberikan cara penyusunan RPP yang Terbaru untuk semua mata pelajaran/bidang studi. Artinya dalam penyusunan RPP kita harus berpatokan pada cara penyusunan RPP terbaru ini. Jangan mau ekspress download di Internet, Edit sedikit lalu Print Out.

Sebelumnya saya paparkan sedikit saja penjelasan tentang Cara Penyusunan RPP Terbaru 2012/2013. Sebenarnya RPP itu apa sih?? Berdasarkan PP 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa: ”Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”. Sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses dijelaskan bahwa RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Komponen RPP Terbaru antara lain:
  1. Identitas mata pelajaran 
  2. Standar kompetensi 
  3. Kompetensi dasar 
  4. Indikator pencapaian kompetensi 
  5. Tujuan pembelajaran 
  6. Materi ajar 
  7. Metode pembelajaran 
  8. Alokasi waktu 
  9. Kegiatan pembelajaran 
  10. Sumber belajar 
  11. Penilaian hasil belajar
Dari semua komponen RPP diatas, harus dijelaskan sedetail mungkin dan sejelas mungkin dalam penyusunan RPP Terbaru. Dimana yang sering terjadi kesalahan adalah pada kegiatan Inti yaitu Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi. Dan juga pada bagian sumber belajar, banyak sekali RPP yang saya lihat langsung, ataupun yang saya temukan di upload di Internet, itu semuanya salah, nah dimana letak kesalahannya. Untuk itu anda sebagai guru, sebaiknya mendownload Cara Penyusunan RPP Terbaru TA 2012/2013 ini, karena RPP adalah salah satu kunci keberhasilan mengajar di dalam kelas, dan RPP merupakan bahan yang paling utama untuk mengajar, sebagai Guru kalau sudah memliki RPP, tidak perlu lagi membawa referensi lain, seperti buku paket, dll, karena kesemuanya sudah dimuat dalam satu Perangkat Pembelajaran. Jika ingin download silahkan klik disini. Password : loncatin. Rating: 5

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter