Apa Sih Tujuan Membuat Blog???

4 komentar


Seorang blogger ataupun menulis konten online yang sedianya tulisannya mampu dilihat orang di Internet atau dengan kata lain sharing pengetahuan online pastilah mempunyai tujuan tersendiri. Memang tujuan awal belum mengarah ke penghasilan. Namanya juga nyubi, tentunya tidak berpikir terlalu panjang ke depannya seperti apa.

Blogger pemula kan awalnya menggunakan domain gratisan maksudnya domain yang ada embel-embel blogspot.com. Kalau seperti ini mungkin biaya masih belum dihitung. CUkup biaya koneksi ke internet saja. Berkembang dengan sendirinya, mungkin ada kawan yang membeli domain TLD (Top Level Domain) demi popularitas dan gengsi tingkat tinggi akan hal domain, contohnya seperti icalcell.com (tanpa embel blogspot.com) walaupun icalcell.com ini masih bernaung dalam ruang lingkup blogger. Artinya hanya domain yang dirubah, hosting tetap di blogger. Berbicara hosting mungkin ada teman pemula yang tidak tahu menahu masalah ini. Hosting bisa diibaratkan Harddisk PC/Laptop, dimana semua postingan atau artikel yang telah diposting/dimuat dalam blog tentunya memerlukan space atau tempat tidak terposting begitu saja. Disinilah fungsi hosting, hosting sama saja jika dikatakan harddisk online kita, yang setiap saat bisa diakses pengguna internet.

Jika masih bernaung di blogger, tentunya biaya hosting masih gratis sepanjang kita nge-blog dan itu menggunakan fasilitas blogger. Kapan kita melakukan pelanggaran entah itu terkait masalah content blog, bisa saja semua postingan dihapus dan lebih parah lagi blog kita dihapus oleh blogger, disini kita tidak bisa apa-apa, wong blogger koq yang punya hosting, mau dihapus kapan saja yahh bisa dong. Untung-untung kalau teman-teman sering backup postingan ke hard disk.

Kalau di blogger sudah tidak berkawan lagi, bisa nge-blog lagi menggunakan hosting sendiri. Artinya kita menyewa hosting di penyedia hosting tertentu. Disini kita sudah mengeluarkan banyak biaya, mulai dari Beli domain, Sewa Hosting dan juga Langganan Internet perbulannya. Terus untuk mengganti itu semua, kita harus apa??? Disinilah diperlukan pengetahuan internet marketing.



Untuk harga domain sendiri yang biasanya di sewa pertahun bisa didapatkan dengan harga 90-100ribu/tahunnya. Untuk hosting tergantung space dan bandwitdhnya, makin besar space (tempat menyimpanan) maka makin besar pula kocek yang harus dikeluarkan. Harga mulai dari 1000 - 500.000. Lagi-lagi tergantung space, bandwith dan lama sewa yang diinginkan.



Nah itulah biaya-biaya yang sepantasnya diperhitungkan bagi blogger pemula. Dan mempelajari cara supaya bisa mendapatkan penghasilan lebih dari biaya yang ada. Tapi kalau misalnya anda orang mampu tidak apa-apa sih kalau terjadi pengeluaran terus menerus, kan persediaan masih banyak, jadi tidak perlu ada pemasukan. Tapi saya yakin semua blogger tentunya memiliki tekad yang sama untuk bisa sukses dengan kegiatan nge-blog yang dilakukan. Keep Spirit And Action, untuk kawan blogger semua. Mudah-mudahan bisa sukses sesuai pengharapan masing-masing. Salam. Rating: 4.5

Related Posts

4 komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. informasi yang bermanfaat sekali, terimakasih karena telah berbagi.

    BalasHapus
  3. makasih infonya ya sob.,
    salam kenal dari yozidahfilputra.blogspot.com
    semangat terus ngeblogya... !!!!

    BalasHapus
  4. saya juga masih pemula banget mas, dari pertama kali membuat blog dengan embel embel .blogspot.com, sebulan yang lalu belajar dan mencoba custom domain. tp untuk ke depannya mencoba hosting masih jauh terpikirkan karena belum punya biaya. terima kasih pencerahan artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter