Dunia Hewan : Immortal jellyfish

Posting Komentar
Dunia Hewan : Immortal jellyfish
Umur manusia rata-rata berkisar aantara 60-70 tahun. Sedangkan binatang, usianya juga tidak panjang, ada yang hanya hitungan hari seperti nyamuk dan ada yang mencapai 100 tahun lebih seperti kura-kura. Berbeda dengan jellyfish atau ubur-ubur. Mungkin saja hewan ini tidak pernah mati karena usia tua, itulah sebabnya mereka disebut immortal jellyfish.

setelh lahir, jellyfish berkembang sebagaimana layaknya spesies lain. Ketika memasuki usia tua, jellyfish tidak mati. Hewan ini akan kembali ke bentuk bayi lagi atau biasa disebut polyp. Begitulah seterusnya.

Hampir 95% tubuh jellyfish terbuat dari air. Binatang ini tidak memiliki otak dan mata untuk melihat. Meski demikian, jellyfish mempunyai keistimewaan yang mengagumkan. Binatang kecil ini mampu membuat strategi untuk membuat musuhnya bingung dengan memancarkan cahaya atau menghasilkan racun mematikan yang keluar dari dalam tubuhnya.

Sel penghasil cahaya di sepanjang punggung tubuh jellyfish dapat dujadikan senjata penyelamat. Misalnya ubur-ubur jengger yang berwarna merah akan bersinar bila disentuh. Pada saat yang sama, makhlu ini mengalirkan partikel-partikel bercahaya ke dalam air sebagai cara perlindungan untuk mengusir musuh-musuhnya.

Jellyfish juga memiliki lengan-lengan atau duri yang memancarakan awan cahaya ke dalam air saat diserang oleh pemangsa. Ujung lengannya bisa bersinar dengan cahaya berwarnabiru kehijauan. Dengan peringatan cahaya ini, mereka memberi tahu pemangsa yang mengincarnya bahwa mereka merasa tidak enak. Mereka juga bertindak dengan terencana dan menggunakan metode tersebut untuk mnyelamatkan diri dari kura-kura laut, burung laut, ikan dan pemangsa lainnya.

Saat melarikan diri dari musuhnya, seluruh tubuh jellyfish memncarkan cahaya. Ketika musuh mencoba menggigit, cahaya di bagian tubuh berbentuk lonceng akan padam dan tentakel yang masih bercahaya akan dilepaskan dari tubuhnya. Dengan cara ini, musuh akan mengalihkan perhatiannya pada tentakel tersebut. Jellyfish mengambil keuntungan dari situasi ini dengan segera melarikan diri. Sementara tentakel yang terlepas tersebut mengandung racun yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter