Dunia Hewan : Jerapah, Hewan Dengan Jantung Terkuat

1 komentar
Dunia Hewan : Jerapah, Hewan Dengan Jantung Terkuat
Tinggi seekor jerapah bisa mencapai 5 meter. Dengan postur yang seperti itu, hewan ini harus mengalirkan darah ke otak yang terletak sejauh 2 m di atas jantungnya. Hal ini membuat jerapah harus memompa darah dengan tekanan 350 mmHg agar darah sampai ke otak. Itulah sebanya mengapa hewan ini dianggap sebagai hewan dengan jantung paling kuat.

Jantung jerapah terdiri atas suatu ruang khusus yang terbungkus jaringan halus untuk mengurangi akibat mematikan. Terdapat katup-katup di dalam pembuluh yang membantu mengatur tekanan. Pada bagian antara kepala dan jantung terdapat sistem berbentuk “U” yang terdiri atas pembuluh naik dan turun. Darah yang mengalir dalam pembuluh dengan arah yang berlawanan akan seimbang dengan sendirinya, sehingga menyelamatkan jerapah dari tekanan darah tinggi yang berbahaya maupun pendarahan dalam.ketebalan tambahan kulit jerapah pada kaki dn telapaknya mencegah akibat merugikan dari tekanan darah yang tinggi.

Ketika jerapah menurunkan kepalanya ke tanah untuk minum air, mereka akan kerepotan karena harus mengangkang dua kaki depannya lebar-lebar agar jangkauan air lebih pendek. Namun posisi ini justru berbahaya, tekanan darah menjadi tinggi dan bisa menyebabkan pendarahan dalam. Untuk mengatasi hal itu, suatu cairan khusus yang disebut serebrospinal membasahi otak dan tulang belakang, serta menghasilkan tekanan balik untuk mencegah kerusakan atau kebocoran pada pembuluh darah halus.

Selain itu, di dalam tubuh jerapah terdapat katup periksa searah yang menutup saat jerapah menurunkan kepalanya. Katup tersebut mengurangi aliran darah, sehingga jerapah bisa minum dengan aman dan mengangkat kepalanya kembali. Untuk menghindari bahaya tekanan darah tinggi, pembuluh jerapah dibuat sangat tebal dan berlapis-lapis.

Related Posts

1 komentar

  1. buku referensi mengenai jantung jerapah judulnya apa ya kak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter