Contoh Negera Yang Terbentuk Berdasarkan Teori (Ketuhanan, Pendudukan, Proklamasi, Penyerahan, Penguasaan, Pemisahan, Peleburan, Pembentukan baru)

Posting Komentar
Dalam postingan ini, kami khususkan bagi siswa kelas X SMA, yang mendapat tugas dari guru PKN, yakni contoh negara yang terbentuk berdasarkan beberapa teori antara lain teori ketuhanan, perjanjian masyarakat, pendekatan faktual, pendudukan, proklamasi, dll.

Terbentuknya negara berdasarkan teoritis dapat dibagi kedalam beberapa teori. Teori beserta contoh negara yang terbentuk berdasarkan teori-teori tersebut seperti dibawah ini:

Contoh Negera Yang Terbentuk berdasarkan Teori Ketuhanan adalah Negara Indonesia. Dimana berdasarkan teori ini, negara bisa terbentuk karena adanya karunia dari Tuhan, melalui perjuangan panjang suatu negara. Indonesia termasuk dalam contoh negara seperti ini, karena telah berjuang melawan penjajahan Jepang dan Belanda, dan akhirnya merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Teori ini dipelopori oleh beberapa tokoh antara lain Agustinus, Friedrich Julius Stahl, dan Kraneburg.

 Contoh Negera Yang Terbentuk berdasarkan Teori Pendudukan adalah negara Liberia, dimana Negara Liberia diduduki oleh kaum negro dan memerdekakan diri pada tahun 1847 .

Contoh Negera Yang Terbentuk berdasarkan Teori Proklamasi adalah negara Indonesia, yang berhasil memproklamasikan kemerdekaan dari penjajahan Jepang dan Belanda pada tanggal 17 Agustus 1945.

Contoh Negera Yang Terbentuk berdasarkan Teori Penyerahan, contoh negara Sleewijk yang diserahkan oleh Austria pada Prussia ( Jerman ).
 
Contoh Negera Yang Terbentuk berdasarkan Teori Penguasaan, contohnya negara Israel ketika dibentuk tahun 1948 banyak mencaplok daerah Palestina, Suriah, Yordania dan Mesir.

Contoh Negera Yang Terbentuk berdasarkan Teori Pemisahan Contohnya Belgia, dimana Belgia memisahkan diri dari belanda dan menyatakan kemerdekaan.

Contoh Negera Yang Terbentuk berdasarkan Teori Peleburan, Contohnya Jerman, yang merupakan peleburan negera-negara kecil pada tahun 1871, dan membentuk negera besar yaitu Jerman.

Contoh Negera Yang Terbentuk berdasarkan Teori Pembentukan baru, contohnya Negara Uni Soviet yang pecah menjadi negera-negara baru yaitu Bendera Uni Soviet, Armenia, Azerbaijan, Belarusia, Estonia, Georgia, Kazakhstan (Asia), Kirgizstan. Contoh lain Colombia pecah menjadi negara-negara baru, yaitu Venezuela dan Colombia Baru

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter