Perbaiki Laptop Acer 4540 Yang Tidak Menyala Monitornya

Posting Komentar
Laptop yang usianya sudah lama, bertahun-tahun, kemungkinan akan mengalami gangguan kinerja pada beberapa komponen yang dimilikinya, termasuk daya kerja processor dan lain-lain. Ataukah mungkin faktor kebersihan yang sudah tidak terjaga akibat lamanya digunakan tanpa pernah tahap pembersihan dilakukan.

Dan pada postingan sekarang ini, mungkin ada rekan-rekan yang mengalami kasus yang sama dengan kami, laptop acer 4540 yang tidak menyala monitornya padahal lampu indikator power menyala dan kipas processor pun menyala.

Kasus ini kami temukan saat ada rekan yang berbaik hati memberikan laptopnya secara cuma-cuma kepada kami, alasannya sudah beberapa service yang mengerjakan laptop tersbeut tetapi tidak nyala juga, al hasil laptop tersebut diberikan secara gratis kepada kami.

Setelah mengecek, ternyata harddisk sudah diambil, tes dinyalakan tidak mau nyala. Setelah kami lakukan blower pada papan, alhasil setelah dinyalakan, nyala, tapi selang beberapa saat, pas dinyalakan kembali, hanya lampu indikator yang menyala, monitornya tidak menyala.

Setelah dianalisa, kalau permasalahan monitor, berarti ada masalah pada komponen yang memproses gambar untuk ditampilkan ke monitor, dan komponen itu adalah VGA card. Kamipun mencari komponen VGA pada papan laptop acer 4540. chip VGAnya terletak tidak jauh dari Processor, karena komponen VGA ini juga perlu pendinginan, makanya diletakkan tidak jauh dari processor. Berikut gambar yang sempat kami foto saat pengerjaan.

Perbaiki Laptop Acer 4540 Yang Tidak Menyala Monitornya
Langkah perbaikan VGA agar laptop acer 4540 anda monitornya kembali menyala:
1. Blower bagian atas VGA, panas 4 , udara: 7 (pakai blower manual)
2. Berikan cairan, usahakan masuk pada kaki chip VGA, keringkan. Blower kembali hingga kering.
3. Pasang pendingin dan kipasnya,
4. Tes nyalakan.
5. Laptop acer 4540 kembali normal, jika tidak silahkan ulangi lagi langkahnya.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter