Cara Buat Bootable FD Untuk Install IPFIRE

Posting Komentar
Bootable FD adalah salah satu alternatif dalam hal install menginstall sistem operasi. Dimana sebelumnya kita mengenal CD atau DVD blank untuk menginstall sistem operasi pada semua komputer, yang repotnya adalah CD atau DVD yang sudah diburning dengan sistem operasi tertentu tidak bisa lagi diganti seperti halnya Flashdisk (FD). Kendala lain misalnya komputer notebook tertentu yang tidak memiliki dvd drive internal, maka harus cari lagi dvd driver eksternal untuk bisa menginstall sistem operasi. Banyaklah kelebihan FD daripada menggunakan CD atau DVD.

Sesuai judul postingan diatas Cara Buat Bootable FD Untuk Install IPFIRE, maka pada postingan ini akan membahas IPFire. Apa itu IPFire? IPfire adalah sebuah sistem operasi berbasis linux, tetapi sudah dirampingkan dan dimodifikasi dengan menambahkan fitur-fitur tertentu utamanya fitur firewall. Dalam hal ini kebanyakan orang menggunakan IPFire sebagai proxy server, baik untuk warnet ataupun jaringan internet di kantor, mall dan sekolah.

Oke, langsung ke topik pembahasan yaitu cara buat installer fd untuk ipfire. Dimana sudah banyak blog yang menjelaskan hal ini, namun setelah kami coba hanya ada 1 software yang compatible untuk semua versi IPFire utamanya IPFire terbaru, dimana sekarang versinya sudah IPFire 2.17 Core 99.

Tools untuk membuat bootable fd ipfire yang kami maksudkan adalah Image Writer. Tampilan software seperti dibawah ini.
Cara Buat Bootable FD Untuk Install IPFIRE


Untuk membuat bootable fd untuk ipfire sebagai berikut.
1. Pasang fd pada komputer.
2. Buka tools image writer, gambar seperti diatas.
3. Image File , pilih untuk mencari file iso dari IPFire yang sudah didwonload di situs IPFire
4. Device, biasanya langsung terisi otomatis, setelah anda mencolokkan FD di komputer.
5. Terakhir, klik Write, untuk memulai proses penyalinan file iso IPFire ke FD.
6. TUnggu hingga proses selesai dan FD anda siap digunakan untuk mengisntall IPFire.

Gimana mudah bukan membuat bootable FD untuk menginstall IPFire versi berapapun. Ingat pakai tools Image Writer. hehehe. Selamat mencoba.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter