Cara Meningkatkan Produksi Anak Merpati

Posting Komentar
Pada postingan kali ini kami sebagai peternak nyubi merpati kembali akan berbagi tentang cara agar merpati anda cepat banyak alias cepat dalam hal produksi anak, atau cepat bertelur kembali akhirnya menetas, atau dengan kata lain, produksi anak merpati anda meningkat 2 kali lipat bahkan lebih.
Cara Meningkatkan Produksi Anak Merpati
Piyik disatukan dengan telur merpati lain

Untuk kali ini kami pun sudah mempraktekkan, dan hal yang harus anda lakukan atau syaratnya adalah
1. memiliki 2 pasang merpati dewasa (sudah siap kawin, bertelur) atau lebih.
2. Usahakan jangka bertelurnya tidak bersamaan.

Triknya agar merpati produksinya banyak dalam hal ini adalah alur perkembang biakannya yang kita rubah, nomarnya adalah sebagai berikut...

1. Kawin - 4 hari
2. Bertelur - 3 hari
3. Mengeram - 16 hari
4. Menetas - 2 hari
5. meloloh - sekitar 2-3minggu.

Yang kita bisa lakukan yakni memotong fase normal merpati, yakni pada masa melolohnya, karena waktu untuk membesarkan piyik merpati hingga bisa makan sendiri sangat lama, ini akan menghambat merpati kembali bertelur, sehingga pada fase ini kita putus, jadi waktu yang diperlukan untuk menghasilkan anak 2 ekor oleh sepasang merpati hanya sekitarkitar 16 hari, sehingga sepasang merpati bisa menghasilkan 4 ekor anak dalam 1 bulan.

Sekarang kembali ke fase meloloh, dimana ini berkaitan dengan kelangsungan hidup piyik merpati, agar tidak mati, maka ada 2 cara yang bisa anda lakukan.
1. Menggunakan Merpati babuan sesuai persyaratan yang telah kami utarakan sebelumnya, yakni memiliki 2 pasang merpati atau lebih, dalam hal ini, kita bisa menggunakan pasangan merpati lainnya untuk membesarkan piyik tadi. Dalam hal ini merpati yang dipilih adalah merpati yang sementara mengerami telurnya.
Cara Meningkatkan Produksi Anak Merpati
Terlihat dalam cctv yang kami pasang di kandang, merpati sedang memberi makan, piyik yang sebenarnya bukan anaknya. hehehe.

2. Anda bisa menempuh jalan merawat sendiri piyik merpati dengan tangan anda, artinya anda yang membesarkan piyik, mulai dari pemberian nutrisi, pemanasan buatan menggunakan lampu 5 watt, memberikan makan hingga piyik tumbuh dewasa, dan bisa makan sendiri. Untuk opsi ke-2 ini anda hanya perlu merpati 1 pasang saja, misal anda dalam tahap memulai usaha beternak merpati.

Dengan cara ini, selang 2-3 hari merpati yang diambil anaknya, kembali akan kawin, dan bertelur kembali. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter