Cara Mendapatkan NUPTK Dengan Mudah Di Penghujung Tahun 2016

Posting Komentar
NUPTK yang merupakan singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan adalah hal penting yang mutlak harus dimiliki oleh PTK (Guru dan Pegawai) di setiap satuan pendidikan. Dimana NUPTK merupakan nomor unik yang menjadi penanda atau bukti terdaftarnya seorang guru atau pegawai di pusat, dan melalui NUPTK juga, seorang guru bisa disertifikasi, dan urusan-urusan penting lain yang menyangkut ke-Guru-an.

Mungkin ada beberapa teman yang ada di seluruh indonesia yang sudah bosan mondar mandir ke dinas, mengurus pengusulan NUPTK, bahkan ke BKD ataupun ke kantor BUpati untuk mengurus kelengkapan berkas untuk pengusulan NUPTK.

Nah sekarang ini telah dibuat mudah lagi oleh pihak pemerintah, dimana pengusulan NUPTK sudah melalui dapodik? Pasti sudah banyak yang dengar juga berita ini. Nah sebagai operator sekolah seperti saya, pasti kalian pusing, koq melalui dapodik, padahal di dapodik kan adanya hanya data dasar PTK.

Berikut kami paparkan alur secara sederhana, kenapa banyak guru yang bilang kalau NUPTK bisa diusulkan melalui dapodik.
1. Di dapodik terdapat data dasar PTK, seperti Nama, TTL, NIK, dan juga NUPTK kalau sudah ada.
2. PTK yang belum mempunyai NUPTK harap dikosongkan kolom NUPTKnya, jangan diisi dengan -(garis) atau 0000.
3. Setelah anda sinkronisasi ke server dapodik, maka dapodik akan mengirim datanya ke situs Verval PTK.
4. Verval PTK disini akan memisahkan antara PTK yang sudah memiliki NUPTK dan yang belum memiliki NUPTK.
5. Yang sudah punya NUPTK, diwajibkan melakukan Verval NUPTK, agar NUPTK tetap aktif, dengan mengupload beberapa dokumen pendukung.
6. Yang belum memiliki NUPTK, nanti akan masuk ke dalam daftar calon penerima NUPTK, bisa kami screnshootkan seperti dibawah ini.
Cara Mendapatkan NUPTK Dengan Mudah Di Penghujung Tahun 2016

7. Nama yang ada dalam daftar diatas, berhak semua mendapatkan NUPTK apabila persyaratan dokumen yang diminta untuk diupload itu ada semua. DOkumen tersebut adalah seperti dibawah ini.
Cara Mendapatkan NUPTK Dengan Mudah Di Penghujung Tahun 2016
dokumen yang harus diupload: KTP, SK Bupati, Ijazah dari SD hingga S1/D4.

8. Jika dokumen diatas sudah anda miliki, silahkan hubungi operator sekolah, untuk diuploadkan, dan akan diusulkan secara online, lalu anda tinggal menunggu proses, hingga NUPTK diterbitkan secara otomatis oleh sistem di pusat.

Begitulah cara mendapatkan NUPTK secara mudah dan praktis, silahkan mencoba.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter